Membuat Playdough Di Rumah

05.24 Istiqomah Ps 0 Comments

Sore tadi umiN mengajak N untuk bermain dan membuat playdough sendiri. UmiN memilih sore hari karena N sudah tidur siang dan jelang mandi sore. Jadi dia seger bangun tidur dan bajunya kalo kotor gapapa banget kan setelah main langsung mandi. Yuk cek bahan membuat playdough ala umiN.

Bahan :
1. Tepung tapioka (atau tepung terigu lebih bagus)
2. Pewarna makanan
3. Air
4. Minyak goreng
5. Garam sedikit
6. Wadah dan alat (untuk mencampur)

Cara membuat :
- Campur 1 gelas tepung dan sejimpit garam.
- Campur pewarna makanan pada 1 sendok makan air, lalu masukkan dalam campuran tepung.
- Uleni hingga membentuk adonan dengan tekstur mirip malam / playdough asli dengan menambahkan minyak dan air secukupnya.

Alhamdulillah N seneng banget, dia ikut semua proses membuat playdough-nya hingga membentuk-bentuk mainan. UmiN buat mobil, eskrim, laptop, mesin cuci dan N buat kue-kue-an yang dicetak di wadah gelas kecil. Setelah main dia meletakkan sendiri playdough-nya di kulkas (biar awetan).

Menurut yang UmiN tau nih permainan sensori ini bagus untuk mengajari anak-anak beragam tekstur lembek, halus, kasar, keras, dsb. Selain itu juga mengajarinya kosa kata baru saat bermain.

Baiklah, UmiN pikir akan mencoba permainan sensori yang lain karena N sangat suka dan tentu mengajarinya beberapa hal dengan cara mengasyikkan. ♥

You Might Also Like

0 komentar: